Monday, September 5, 2016

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4/Folio pada Microsoft Excel

Pada artikel yang terdahulu, saya mengulas tentang bagaimana Cara Membuat Default Ukuran Kertas Pada MS Word, berawal dari tulisan tersebut, ada seseorang yang penasaran juga dan akhirnya bertanya, bagaimana jika cara tersebut di aplikasikan pada Microsoft Excel....?? 

Dari pertanyaan itulah akhirnya saya praktekan sendiri untuk mengatur default kertas ke ukuran folio/f4 yaitu dengan memanfaatkan menu page setup pada printer yang di pakai. 

Sebelum saya menerangkan langkah langkahnya alangkah baiknya saya ingatkan kembali agar sebelum mempraktekan langkah langkah berikut untuk terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel ini sampai selesai. Untuk memperoleh hasil maksimal dalam pengaturan kertas ini sebaiknya di lakukan sebelum melakukan pengetikan, atau dilakukan pada saat awal buka lembar kosong, Jika melakukan seting / pengaturan ini setelah pengetikan bisa jadi hasil pengetikan akan sedikit berubah dan bisa jadi amburadul. 

Kali ini saya menggunakan Printer Epson L210 yang telah di sharing, tetapi intinya sama. Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka Microsoft Excel
2. Kemudian buka menu cetak atau Print dengan cara klik Menu pilih Print
  

pilih jenis/nama printer yang di gunakan.
Sebagai contoh yang saya gunakan adalah Printer Epson L210

 kemudian pilih Propertis
 maka akan muncul tampilan sebagai berikut
kemudian klik Document Size dan Pilihlah User-Defined sehingga akan tampil menu berikutnya seperti pada tampilan berikut ini :

Setelah muncul kotak dialog diatas yang perlu di perhatikan sebelum pengisian ukuran kertas yaitu pada Lebar kertas (Paper Width :8,50) dan (Ketinggian / panjang kertas (Paper Height : 13,00 Inchi) adalah pada Unit, Rubahlah satuan ukuran kertas dari Milimeter (mm) menjadi Inchi (Inch). Setelah selesai klik OK 

Itulah langkah langkah Cara mengatur Ukuran kertas F4/Folio pada Microsoft Excel, semoga bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca blog ini.

Jangan Lupa juga untuk membaca :

No comments:

Post a Comment